Welcome to my blog..... Thank's to visit...! Jangan lupa? tinggalkan komentar anda !

Selasa, 25 Januari 2011

USU Tembus Peringkat 91 Dunia Webometrics


MEDAN- Universitas Sumatera Utara berhasil menembus jajaran 100 dunia kategori Repositori versi Webometrics. Dalam Ranking Web of World Repositories Webometrics edisi Januari 2011 itu, USU menempati peringkat 91.

Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu melalui Kepala Bagian Humas Bisru Hafi, menyampaikan kegembiraannya atas prestasi USU tersebut. "Ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh sivitas akademik USU," ungkap Prof. Syahril seperti disampaikan Bisru di Kampus USU Padang Bulan, Medan, Senin (24/1/2011).

Posisi USU masih berada di atas peringkat universitas terkenal di Asia lainnya, seperti Tokyo Gakugei University (93) dan Hirosima University (98) di Jepang, serta University of Sydney di Australia yang berada di peringkat 99.

Selain USU, dua perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya juga masuk dalam peringkat 100 dunia kategori Repository Webometrics tersebut, yakni, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di peringkat 64 dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di peringkat 70.

Pada kategori Top 100 Institutional Respitory, USU menempati peringkat ke-83. Sementara Undip unggul di posisi ke-55, disusul oleh ITS di peringkat ke-57.

Ditambahkan Bisru, Pembantu Rektor IV USU Prof. Ningrum Natasya Sirait yang membidangi hubungan kerja sama, telah menerima ucapan selamat dari para dosen di Universitas Indonesia (UI). UI masih belum berkesempatan masuk dalam Top 100 dunia pemeringkatan website perguruan tinggi versi Webometrics ini. Ucapan selamat juga datang dari relasi dan mitra USU di Amerika Serikat.

Webometrics merupakan sebuah lembaga survei internasional perguruan tinggi yang populer dan berkedudukan di Eropa. Lembaga ini secara rutin menerbitkan hasil pemeringkatannya dari sekira 12 ribu perguruan tinggi di dunia.

Pemeringkatan Repositori Institusional oleh Webometrics bertujuan mengukur komitmen perguruan tinggi dalam memberikan akses layanan bagi masyarakat luas terhadap karya-karya ilmiah dan hasil penelitian khas yang dimiliki suatu perguruan tinggi. Karya-karya itu mencakup antara lain artikel, jurnal, laporan penelitian, disertasi, tesis, dan skripsi.

Pemeringkatan Webometrics ini didasarkan pada empat kriteria, yakni jumlah halaman web, visibility (jumlah backlink), jumlah file dokumen, dan scholar (jumlah karya yang diindeks oleh Google Scholar).

USU e-Repositori merupakan diseminasi karya-karya dosen dan mahasiswa USU yang berbentuk tulisan karya ilmiah. Menurut Kepala Pusat Sistem Informasi USU Ridwan A Siregar, USU memiliki lebih dari 19.300 karya ilmiah sivitas akademik sebagai konten lokal. Seluruh karya ilmiah itu dimuat pada situs USU-Repositori dengan alamat http://repository.usu.ac.id/ yang telah diperkenalkan sejak 2001 dan telah dikembangkan lebih intensif dalam dua tahun terakhir. (rfa)(rhs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar